ICRC Suntik Jurnalis Sukabumi Materi Forensik Dasar dan DVI

542
Photo By.Andri Akew

Puluhan jurnalis di Sukabumi mengikuti pelatihan Basic Forensic Science dan Disaster Victims Identification (DVI) yang disampaikan oleh Mabes Polri. Tidak hanya teori, para wartawan juga diajarkan simulasi bagaimana memperlakukan korban bencana dengan bermartabat.

Pembicara adalah Jacqueline Rodriguez Gonzalez sebagai Manajer Forensik Regional ICRC (Komite Palang Merah Internasional) untuk Asia dan Pasifik, dan Kombes Lisda Cancer dari Mabes Polri.

“Dalam kegiatan ini kami ingin menekankan pentingnya memiliki informasi identitas korban, intinya adalah bagaimana menekankan pentingnya meringankan beban keluarga korban. Terkait dengan tujuan itu, para wartawan memiliki peran yang sangat penting” Jacquiline, Sabtu (25/8/2018).

Dia mengatakan kesulitan forensik yang paling mendasar di Indonesia saat ini adalah kurangnya pengetahuan tentang bagaimana menangani jenazah korban bencana atau kecelakaan, terutama dalam proses pengumpulan dan evakuasi.

“Kurangnya pengetahuan pertolongan pertama oleh responden tentang bagaimana mengumpulkan atau memindahkan jenazah menjadi hambatan yang menyulitkan dalam proses identifikasi korban, yang kedua adalah properti Korban yang dianggap tidak menjadi bagian integral dari proses identifikasi,” katanya.