Gandeng PMI, Swiss Humanitarian Aid Salurkan Bantuan Untuk Penanganan Bencana di Sulteng

397

Newscover.id. Palu – Pemerintah Swiss Melalui Swiss Humanitarian Aid memberikan bantuan yang diserahkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) untuk penanganan tanggap darurat pascagempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Hal itu disampaikan Tim Leader Swiss Humanitarian Aid di indonesia, joerimann Flisch pada saat serah terima simbolis bantuan kepada Perwakilan PMI yang diterima oleh Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat, Arifin M.Hadi di Bandara Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, Kota Palu.Kamis (11/10).

“Dalam membantu proses penanganan ini, kita sudah kirimkan puluhan ton pasokan bantuan, termasuk didalamnya ada stasiun air minum, sarana untuk membersihkan sumur dan terpal untuk tempat penampungan darurat. Hal ini menyusul gempa dan tsunami yang telah menerjang daratan disini pada akhir September kemarin” ungkap Joerimann.

(Serahterima Simbolis Dokumen Bantuan Untuk Penanganan Bantuan di Sulawesi Tengah)

Menurutnya bantun tersebut akan difokuskan untuk membantu dalam hal pengolahan air bersih untuk suplay pengungsi, kesehatan, pembangunan penampungan darurat, dan logistik untuk memperbaiki kondisi kehidupan masyarakat terdampak bencana.

Joerimann menjelaskan, proses penyaluran bantuan ini disalurkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) yang sejak awal sudah terjun ke lokasi bencana dengan mengerahkan sejumlah relawannya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terdampak gempa bumi dan tsunami lokasi ini.

Sementara itu, Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat, Arifin M.Hadi, mengatakan, Pihaknya mengucapkan terimakah kasih yang telah mempercayakan PMI untuk memfasilitasi bantuan ini. Diakuinya, bantuan ini bisa dipergunakan untuk membantu masyarakat terdampak Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah saat ini.

Saat ini, tambah Arifin, PMI dilokasi terus memberikan pelayanan yang maksimal dengan mengerahkan sumber daya relawan yang ada, baik sarana dan prasarana pendukung lainnya, guna memberikan dukungan bantuan untuk menyentuh semua sektor yang dibutuhkan saat ini pasca terjadinya peristiwa bencana gempa dan tsunami ini.