Mengembalikan Senyuman Anak-anak Korban Bencana Palu yang Sempat Hilang

106

Newscover.id – Musibah bencana alam gempa bumi dan tsunami yang disusul likuifaksi di wilayah Sulawesi Tengah telah menyebabkan duka yang mendalam yang dialami oleh warga Palu dan Donggala, kerugian material dan imaterial yang begitu besar.

Selain itu, bencana ini juga telah mencuri keceriaan dan senyuman khususnya anak anak yang terdampak dan masih merasakan perasaan ketakutan dan hawatir akan adanya bencana susulan.

Hal ini mendorong sejumlah relawan dari
PT Mowilex Indonesia sebagai produsen produk cat di indonesia dengan menggandeng Lembaga kemanusiaan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk memberikan berbagai bantuan dan pendekatan sebagai wujud kepedulian dan keprihatinan sesama saudara kita di Palu dan Donggala yang begitu banyak memakan korban.

Berbagai cara dan pendekatan dilakukan Sejumlah relawan untuk mengembalikan keceriaan dan senyuman kepada anak anak pengungsi, seperti salahsatunya dengan bermain bersama anak- anak para pengungsi dengan pendekatan Psikososial Support Program (PSP) kepada korban gempa bumi di beberapa wiliayah terdampak Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah.Salahsatunya di camp Terpadu PMI di Balaroa.

“Langkah ini dinilai terus dilakukan untuk memulihkan kondisi psikologis warga khsusnya anak anak setelah peristiwa Gempa yang disusul Tsunami yang terjadi di wilayah Sulawesi Tengah pada tgl 28 September 2018 kemarin,” ungkap Malla Sari, Koordinator pelayanan PSP PMI di Palu.

Menurut dia, berbagai cara dilakukannya kepada anak-anak, seperti dengan cara mengajak bernyanyi, cerita, menggambar dan beberapa permainan edukatif. Sedangkan saat bersama ibu-ibu, kami mengajak berbicara, diskusi kelompok dan melakukan kegiatan Pertolongan pertama secara psikologis.

“Kami berharap warga dapat menerima kenyataan dengan tetap memiliki semangat dan mental yang kuat,” ungkapnya.

Sementara itu, Suratman, selaku koordinator tim relawan Mowilex Peduli Kemanusiaan Mengatakan, Bantuan PT Mowilex untuk Sulawesi Tengah lewat program Mowilex Peduli kemanusiaan sudah berlangsung sejak tanggal 25 Oktober hingga 5 November 2018. Dengan wilayah penyebaran bantuan meliputi wilayah Palu, Sigi dan Donggala, PT Mowilex menyalurkan 15 ton beras dan 4000 paket bahan kebersihan (sabun cuci, sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi).

“Tujuan dilaksanakannya Program Mowilex Peduli kemanusiaan adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk mewujudkan tanggungjawab perusahaan terhadap lingkungan sosialnya. Kami berharap bantuan yang diberikan dapat mendukung proses pemulihan pasca gempa di wilayah ini,” ungkap Suratman.

Menurutnya, Penyaluran bantuan Program Mowilex Peduli Kemanusiaan untuk bencana di Palu, Sigi dan Donggala ini berkerjasama dengan beberapa mitra lembaga kemanusiaan di lapangan seperti Palang Merah Indonesia (PMI) dengan menyalurkan yang tunai sebesar Rp 45.445.000, untuk disalurkan dan digunakan dalam berbagai pelayanan kemanusiaan dalam operasi kemanusiaan di sulawesi tengah ini.