PMI siapkan Ruang Sehat bebas asap untuk warga terdampak karhutla

141

Palang Merah Indonesia (PMI) terus mengoptimalkan pelayanan dalam rangka mengantisipasi meluasnya dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)
yang saat ini terjadi dibeberapa wilayah indonesia.

Salahsatunya seperti yang dilakukan PMI Kalimantan Tengah dengan mengaktifkan dan mengoptimalkan kembali layanan ruangan sehat bebas asap

“Saat ini PMI pusat sudah berkoordinasi dengen jajaran PMI Provinsi dan kabupaten kota untuk kembali mengoptimalkan layanan sarana Ruang Sehat bebas asap yang sudah pernah dioperasikan sebelumnya pada kebakaran hutan dan lahan tahun lalu” kata Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat Arifin M Hadi, kamis (8/8/2019)

Selain membagikan masker, PMI terus mendorong agar ruang sehat bebas asap yang saat ini ada di PMI Provinsi kalimantan tengah ini bisa dijadikan rujukan bagi mereka yang megalami gejala gangguan pernapasan akibat kabut asap dampak karhutla tersebut.

Sementara itu Sekretaris PMI Provinsi Kalteng Siti nafsiah mengatakan, pihaknya membuka dan menyediakan ruang bebas asap yang terbuka untuk masyarakat umum, karena saat ini kabut asap yang sudah mulai terlihat menghawatirkan bagi kesehatan.

Ruangan ini membuka layanan untuk gratis untuk umum tanpa terkecuali dan dapat ditempati oleh siapa saja, khususnya lansia, wanita hamil dan balita yang menderita gangguan ISPA maupun kesulitan bernafas.

“Di ruangan ini PMI menyediakan fasilitas ruang sehat bebas asap, dengan penyediaan fasilitas Oksigen, Pelbet tempat tidur untuk santai, Nebulizer dan Fasilits tambahan berupa AC,” kata Siti.

Hal ini bertujuan memberikan pertolongan pertama untuk masyarakat yang terkena atau terdampak dari kabut asap misalnya sesak nafas, dan gangguan pernapasan dan asma.

Menurutnya, dengan adanya ruangan ini cukup membantu masyarakat dengan peralatan dan fasilitas yang ada  jika dampak dari kabut asapnya tidak terlalu parah dan harus ke rumah sakit dapat langsung datang ke PMI Provinsi.

Diungkapkannya, ruangan sehat bebas asap ini bukan hanya ada di PMI provinsi namun juga ada di PMI kota Palangka Raya dan diharapkan akan terus bertambah lagi bukan hanya PMI namun juga instansi lainnya.

“Jika ada masyarakat yang terdampak dapat datang langsung ke ruang sehat bebas asap yang terdekat, dan saya harapkan juga mayarakat yang beraktivitas di luar rumah menggunakan masker,” pungkas Siti.