Pesantren Terbakar Di Kutasirna Cisaat, Dinsos Kabupaten Sukabumi Salurkan Bantuan.

86

Sukabumi- Peristiwa kebakaran kembali menghanguskan satu rumah yang biasa dijadikan asrama para santri di Pondok Pesantren (ponpes) Al-Irfaniyah yang berlokasi di kampung kutasirna RT.09/03, Desa kutasirna Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi pada kamis dini hari (5/9).

“Kondisi saat ini bangunan hampir sebagian ruangan hangus dan nyaris tidak bisa di tempati lagi, puluhan santri pria terpaksa harus tinggal sementara waktu di masjid setelah asrama yang biasa mereka tempati hangus terbakar,” kata Petugas Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Rahmat Hidayat, Jumat (6/9).

(Kondisi perlengkapan santri dan kitab kitab yang terbakar)

Menurut rahmat, setelah mendapatkan informasi dan seijin perintah pimpinan, pihaknya bersama para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Cisaat langsung terjun ke lokasi untuk melakukan assesmen dampak kebakaran tersebut sekaligus mendistribusikan langsung bantuan stimulan kebutuhan kedaruratan yang diperlukan dalam kondisi saat ini.

(Petugas Tagana dan PKH dinas Sosial Kabupaten Sukabumi dengan pihak desa menyalurkan bantuan kedaruratan kepada pengelola ponpes Al-Irfaniyah, Kutasirna Cisaat)

Dikatakannya, berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Api pertama kali terlihat sekitar pukul 00.30 WIB yang kemudian melalap seluruh bangunan asrama. Api berhasil dipadamkan setelah diturunkan tiga unit damkar dari Sukaraja, cisaat dan cibadak. Pemadaman juga dibantu santri dan warga sekitar.

“Selain mendistribusikan bantuan kedaruratan, pihak dinas sosial juga akan mengirimkan satu unit tenda pleton yang akan digunakan untuk kepentingan kegiatan pengajian dan tempat sementara. Hal ini atas dasar permintaan dan kebutuhan pihak pengelola pesantren,” tambah Rahmat.