Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat dibentuk PMI Sukabumi

32

Sukabumi – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Jawa Barat membentuk serta rekuitmen relawan siaga bencana berbasis masyarakat (SIBAT) di tingkat kelurahan sebagai salah satu upaya mitigasi atau pencegahan terhadap bencana alam.

“Saat ini PMI Kota Sukabumi tengah menjalankan program percontohan kesiapsiagaan bencana gempa bumi yang merupakan proyek percontohan dari PMI Pusat bekerjasama dengan Palang Merah Amerika dan USAID,” kata Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo di sela acara sosialisasi pembentukan dan seleksi anggota SIBAT di Sukabumi

Program yang dinamakan Indonesia Earthquake Readiness ini akan berjalan selama satu tahun dengan fokus Kelurahan Baros. Lanjut dia, salah satu rangkaian dari program ini yaitu dibentuknya relawan di masyarakat yang akan berperan aktif sebagai motor dalam upaya pengurangan risiko kesiapsiagaan bencana.

Menurutnya, program ini merupakan sebuah amanat dan kepercayaan dari PMI Pusat dan lembaga donor untuk dijalankan sebaik mungkin oleh PMI Kota Sukabumi untuk kesuksesan dan keberlanjutan kedepannya.

Harapannya melalui program ini masyarakat bisa sadar betul akan pengetahuan dan pemahaman akan kesiapsiagaan bencana gempa bumi di daerahnya masing-masing dengan tujuan untuk meminimalisasikan dampak baik korban jiwa maupun harta.

“Pada dasarnya program ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana gempa bumi di komunitas perkotaan dengan meningkatkan pengetahuan dan keterlibatan individu serta pemberdayaan masyarakat, minimal di lingkungan keluarganya,” jelasnya.

(Narasumber dari BPBD Kota Sukabumi tengah memberikan paparan Materi)

Suranto mengatakan tujuan penting lainnya adalah menjalin kemitraan dengan berbagai unsur serta bagaimana mendorong pemangku kebijakan yaitu Pemerintah Kota Sukabumi dan lainnya untuk mensinergikan program serta kebijakan yang terkait dengan kesiapsiaagaan gempa bumi.

Dalam Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari 8 dan 9 Oktober 2019 dengan menghadirkan sedikitnya 20 anggota masyarakat calon anggota Sibat dari keterwakilan berbagai elemen. Selain itu, dalam kesempatan ini juga dihadiri para fasilitator baik dari PMI Provinsi Jawa Barat, maupun dari ekternal dari BPBD kota Sukabumi.