Kepala BNPB Hadiri Acara Istiqlal Disaster Management Center

34

JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menghadiri acara Launching Istiqlal Disaster Management Center (IDMC) di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (26/2). Turut hadir dalam acara antara lain Menteri PMK Muhadjir Effendy dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Nasaruddin Umar.

Dalam sambutannya, Doni memberikan apresiasi terhadap langkah yang dilakukan oleh Badan Pengelola Masjid Istiqlal dalam pembentukan IDMC. Sebagaimana diketahui bahwa lebih dari 800 ribu masjid yang tersebar diseluruh Indonesia akan sangat membantu untuk saat ini dan jangka panjang dalam rangka melakukan mitigasi kebencanaan. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengurangi risiko bencana yang terjadi di berbagai daerah, terutama daerah yang memiliki potensi risiko tinggi.

Selain itu, Doni menyampaikan bahwa peresmian IDMC ini merupakan langkah awal untuk mengajak semua komponen bangsa, untuk turut serta dalam menanggulangi bencana. Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk meningkatkan pengetahuan tentang lingkungan hidup.

“Maka kita harus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan diberbagai bidang yang berhubungan dengan lingkungan hidup, karena semakin bertambahnya usia bumi maka kerusakan ekosistem akan semakin bertambah,” ujar Doni.

Hal ini merupakan bukti nyata dalam penerapan kolaborasi Pentahelix, dimana melibatkan berbagai pihak termasuk masyarakat untuk turut serta memperbaiki ekosistem. Dengan adanya kerjasama multi pihak diharapkan mampu memitigasi bencana sejak dini untuk masa depan yang akan datang.

“Kita punya kemampuan dan kekuatan demi masa depan kita untuk masa yang akan datang,” tutup Doni.

Dr. Raditya Jati

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi