PMI Gelar Tes Cepat Masal, dukung Program 3T

59

JAKARTA- Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan layanan tes cepat anitigen massal di Mall Pejaten Village pada Kamis (26/3/2021). Tidak kurang dari 100 orang mengikuti layanan gratis yang digelar serentak di beberapa tempat publik tersebut. Upaya pengetesan, pelacakan, dan pengobatan atau 3T (testing, tracing, treatment) terus dilakuan PMI untuk mendukung program Pemerintah.

Dukungan PMI dalam 3T menyasar tempat publik yang masuk dalam zona merah penyebaran covid-19. Staf Pelayanan Kesehatan PMI Indarno Ali mengungkapkan, program yang didukung Philips Foundation tersebut dilakukan di DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Program tersebut, katanya, dilakukan secara berkala mulai medio Maret hingga akhir April.

“Kegiatan ini berkala dari tanggal 20 Maret. Di DKI, kami sudah adakan di Pasar Mayestik dan Mal Pejaten Village (Jakarta Selatan),” katanya.

Indarno menambahkan, animo masyarakat dalam mengakses layanan ini masih kurang. Namun demikian, sambung Indarno, PMI melalui jejaring relawannya bakal terus mensosialisasikan program 3T untuk mencegah penyebaran covid-19. Melalui program ini, katanya, wabah covid-19 bisa lebih terkendali.

“Mungkin masih ada ketakutan masyarakat. Tapi kami sampaikan bahwa ini aman, sesuai protokol,” jelasnya.

Dituturkan salah seorang penerima manfaat layanan ini Mahbub Firdaus, pemeriksaan cepat sangat diperlukan untuk mendeteksi penularan, terlebih, kata Firdaus, tempatnya bekerja termasuk dalam zona merah penyebaran covid-19. Ia berharap, layanan serupa bisa digelar rutin di lokasi-lokasi yang mudah diakses warga.

“Saya inginnya melakukan rapid antigen secara rutin. Apalagi, ada pemeriksaan seperti ini gratis, ini sangat membantu masyarakat yang aware terhadap kesehatannya untuk melakukan test rapid antigen, supaya kita bisa melindungi keluarga, teman dan orang terdekat kita,” tukasnya.