Doni Monardo Lantik Sekretaris Utama BNPB

33

JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Dr. (H.C.) Doni Monardo, melantik Lilik Kurniawan S.T., M.Si. sebagai Sekretaris Utama (Sestama) BNPB. Pelantikan dilaksanakan pada Selasa pagi (27/4), di Ruang Serbaguna Dr. Sutopo Purwo Nugroho Lantai 15, Graha BNPB.

Dalam sambutannya, Doni Monardo mengatakan Sekretaris Utama di lingkungan BNPB memegang peran penting terlaksananya penanggulangan bencana di Tanah Air. Dibutuhkan upaya yang optimal untuk meluangkan waktu dan tenaga lebih banyak dalam mengemban tugas sebagai Sestama BNPB.

“Kita harus bekerja secara cepat untuk melayani masyarakat. Betapa banyak daerah yang masih membutuhkan perhatian dari BNPB pasca terjadinya bencana. Ini semua pekerjaan yang menuntut daya tahan dan stamina yang baik,” kata Doni.

Selain itu, Sestama juga harus bisa memastikan koordinasi semua tugas BNPB dengan Kementerian/Lembaga lain berjalan dengan baik. BNPB punya peran strategis dalam mengintegrasikan semua unsur baik pemerintah pusat maupun daerah apabila terjadi bencana.

“Tidak boleh ada sedikitpun dampak yang dapat menimbulkan hal yang tidak dapat terintegrasikan di lapangan. Ini adalah peran Sestama,” tambah Doni.

Doni juga berpesan agar Lilik dapat mengemban tugas dan fungsinya sebagai Sekeretaris Utama BNPB dengan menjunjung tinggi profesionalisme.

Sebelum dilantik menjadi Sekretaris Utama BNPB, Lilik pernah menjabat sebagai Direktur Pengurangan Risiko Bencana BNPB pada tahun 2013-2018. Di tahun 2018, Lilik pernah menjabat sebagai Direktur Pemberdayaan Masyarakat hingga tahun 2019. Tahun 2019 hingga sebelum diangkat menjadi Sestama, Lilik menjabat sebagai Deputi Bidang Pencegahan BNPB.

Pelantikan juga diikuti oleh para undangan yang hadir baik secara langsung maupun daring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Doni yang juga merupakan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengapresiasi panitia pelaksana pelantikan yang telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

“Pencegahan penyebaran COVID-19 melalui protokol kesehatan seperti apa yang telah kita lakukan hari ini, harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini demi terselenggaranya kegiatan pemerintahan dalam melayani masyarakat,” tutup Doni.